Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Yogyakarta 25 photo album

MATUR TANGKYUH

MATURNUWUN SAMPUN PURUN MAMPIR

Dua Langkah Super Simpel Membuat Toko Online

Posted: | |
Dua Langkah Super Simpel Membuat Toko Online

Beberapa teman yang sudah punya usaha dagang sering menanyakan kepada saya bagaimana membawa lapak dagangan mereka ke internet. Saya sarankan mereka untuk berjualan lewat situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Tapi mereka belum puas. Mereka mau sebuah halaman web sendiri yang 100% mencerminkan “suasana” toko mereka yang benar-benar bisa mereka atur sesuka hati. Ya sebuah toko online!
Caranya? Gampang. Percayalah, di antara kita berdua, yang berpikir bahwa bikin toko online ini akan susah ya cuma kamu. Hehehe…
Oke saya akan coba menjelaskan bagaimana cara membuat sebuah toko online sederhana. Sederhana di sini maksudnya dari sisi fasilitas yang ada dalam toko itu nantinya : belum pake sistem trolly “add to cart” dan belum pake sistem pembayaran kartu kredit ataupun paypal (masih pake transfer bank). jadi sederhananya cuma dari sisi teknis saja. Kamu tetap bisa jualan mobil mewah di dalam toko online kamu yang sederhana ini nantinya.
Cuma ada dua langkah untuk membuat toko online sendiri :
1. Toko kita bentuknya online, jadi kita butuh sebuah halaman web untuk menawarkan dagangan kita. Maka yang pertama kita lakukan adalah membuat halaman web tersebut. Saya sarankan buatlah sebuah blog di wordpress.com. Kamu bisa melihat bagaimana membuat blog di wordpress.com di artikel saya yang berjudul Ayo Bikin Blog di Wordpress.Com.
Kalo ada yang bertanya, “kenapa mesti wordpress?”, silahkan baca artikel saya yang judulnya kebetulan sama dengan pertanyaaan kamu : “Ngeblog, Kenapa Mesti Wordpress?”
Setelah itu, kamu perlu memasukkan informasi, harga dan juga mengupload gambar/foto barang yang kamu tawarkan. Cara melakukan posting dan memasukkan gambar bisa kamu baca di artikel saya yang berjudul Bagaimana Memasukkan Gambar dalam Artikel. Jangan lupa (ini sangat penting) cantumkan detail kontak kamu seperti nomer hape, alamat email, alamat rumah atau informasi apapun yang bisa dihubungi calon pembeli. Jangan menbcantumkan nomer rekening bank kamu dalam artikel. Nomer rekekning sebaiknya kamu berikan pada pengunjung bila sudah terjadi kesepakatan transaksi.
Selesai.
Cukup dua tahap itu saja untuk membuat toko online sederhana. Tidak keluar duit sepeser pun.
Dua tahap di atas adalah hanya untuk MEMBUAT TOKO ONLINE. Kamu tidak bisa berharap kaya raya hanya dengan melakukan dua tahap sederhana di atas. Kamu perlu mengenalkan toko kamu pada semua orang. Ya, betul! Promosi. Kamu perlu mempromosikan toko kamu sampai tetes darah penghabisan.

0 komentar:

Posting Komentar